Apa itu pemantauan emisi kontinyu dan mengapa penting?

Pemantauan Emisi Kontinyu (Continuous Emissions Monitoring) atau CEMS adalah proses pemantauan emisi gas buang dan partikel dari suatu proses industri secara terus menerus. CEMS biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat yang disebut Continuous Emissions Monitoring System (CEMS) yang terdiri dari sensor dan perangkat lunak untuk mengumpulkan, menganalisis, dan merekam data emisi industri secara real-time.

Pemantauan emisi kontinyu penting karena emisi gas buang dan partikel industri dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Beberapa dampak negatif tersebut antara lain:

  1. Pencemaran udara : Emisi dari proses industri dapat mencemari udara, dan jika tidak diatur berdampak pada kesehatan manusia dan hewan.
  2. Pencemaran air dan tanah : Emisi industri dapat memasuki sumber air dan tanah, yang dapat mencemari sumber daya air dan lingkungan hidup lainnya
  3. Perubahan iklim : Emisi industri dapat berkontribusi pada perubahan iklim melalui pelepasan gas rumah kaca seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan lainnya

Dalam beberapa negara, seperti di indonesia, pemerintah telah menetapkan standar emisi yang harus dipenuhi oleh industri. Pemantauan emisi kontinyu penting untuk memastikan bahwa industri memenuhi standar tersebut dan membantu mencegah dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu, pemantauan emisi kontinyu juga dapat membantu industri mengoptimalkan penggunaan energi dan meningkatkan efisiensi produksi.

Selain pentingnya pemantauan emisi kontinyu, memilih partner yang tepat untuk solusi CEMS juga merupakan faktor yang krusial dalam memastikan keberhasilan implementasi sistem. Dalam hal ini, CEMS.ID adalah salah satu layanan dari Nocola, yang menyediakan layanan mulai dari instalasi pemasangan baru CEMS, Online Platform dan sudah terintegrasi dengan SISPEK. Selain itu, juga menyediakan layanan maintenance dan support untuk analyzer CEMS Eksisting.

Anda sedang mencari mitra yang capable untuk solusi CEMS? Hubungi tim kami sekarang juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *