Pentingnya CEMS di Perusahaan Anda Terintegrasi SISPEK KLHK RI

Dashboard Cems.id

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Sistem Informasi Pemantauan Industri sexara Terus menerus(SISPEK) pada pasal 1. Sistem Pemantauan Emisi Secara Terus Menerus(Continuous Emission System) yang selanjutnya disingkat CEMS adalah alat yang bertujuan untuk mengukur kadar suatu parameter Emisi dan laju alir yang dilakukan secara terus-menerus, sedangankan Sistem Informasi Pemantauan Emisi Industri secara terus menerus yang selanjutnya disebut SISPEK adalah sistem yang menerima dan mengelola data hasil pemantauan emisi sumber tidak bergerak atau emisi cerobong dengan pengukuran secara terus menerus atau CEMS.

Selain itu bahaya dari emisi gas adalah salah satu sumber polusi udara yang besar. Polusi udara adalah masalah serius diseluruh dunia. Polusi Udara dapat berdampak negatif terhadap kesehatan manusia, baik masalah pernafasan pada anak-anak maupun orang dewasa.

Menurut data International Energy Agency(IEA), emisi karbon dunia pada tahun 2021 paling banyak dari tiongkok, yakni mencapai 11,94 gigaton CO2. Emisi gas menyebabkan rata-rata 3 juta kematian diseluruh dunia setiap tahun, dan banyaknya orang yang mengidap kanker dan penyakit lainnya akibat polusi udara.

Oleh karena itu pentingnya monitoring emisi pada pabrik atau industri sangat penting. Pabrik attau industri memiliki dampak yang besar terhadap kualitas udara. Pabrik-pabrik ini dalam proses produksinya menghasilkan emisi beracun yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius. Namun menurut data pada ditppu.menlhk sampai dengan bulan Februari 2023, masih ada industri/usaha yang belum terintegrasi dengan SISPEK KLHK RI.

Sejalan dengan usaha pemerintah dalam mengurangi emisi gas pada industri atau pabrik, Nocola memiliki salah satu pelayanan produk yang dapat memonitoring emisi gas pabrik atau industri yaitu CEMS.ID . CEMS.ID telah berpengalaman sejak 2016 untuk mendampingi industri dalam instalasi, normalisasi, CEMS Online Platform, Integrasi CEMS dengan SISPEK, dan Maintenance CEMS. Nocola Siap Mendampingi Integrasi CEMS dengan KLHK RI. Hubungi Tim Kami Sekarang Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *